Pesan Dan Nasihat Nabi Muhammad SAW Kepada Kaum Wanita

Banyak kisah-kisah keteladanan yang wajib kita contoh dan terapkan dari Rasulullah-Nabi Muhammad SAW bagi seluruh umat manusia,khususnya umat muslim.Berikut ini beberapa nasihat Rasulullah SAW untuk putrinda kesayangannya,Fatimah az-Zahra.Dari nasihat tersebut terungkap konsep kebahagiaan rumah tangga.

Suatu hari Rasulullah SAW menyempatkan diri berkunjung ke rumah Fatimah az-Zahra.Setiba dirumah putri kesayangannya itu,Rasulullah SAW berucap salam kemudian masuk.Ketika itu didapatinya Fatimah tengah menangis sambil menggiling syair (sejenis gandum) dengan penggilingan tangan dari batu.Seketika itu Rasulullah SAW bertanya,”Duhai Fatimah,apa gerangan yang membuat engkau menangis?.Semoga Allah tidak menyebabkan air matamu berderai.”

Jawab Fatimah,”Wahai Rasulullah…penggilingan dan urusan rumah tangga inilah yang menyebabkan ananda menangis.”

Lalu duduklah Rasulullah SAW disisi Fatimah.Kemudian Fatimah melanjutkan,”Duhai Ayahanda,sudikah kiranya Ayah minta kepada Ali,suamiku,mencarikan seorang jariah (hamba perempuan) untuk membantu ananda menggiling gandum dan mengerjakan pekerjaan rumah?”.

Maka bangkitlah Rasulullah SAW mendekati penggilingan itu.Dengan tangannya,beliau mengambil sejumput gandum lalu diletakkannya dipenggilingan tangan seraya membaca Basmalah.Ajaib..!!,dengan ijin Allah penggilinan tersebut berputar sendiri.

Sementara penggilingan itu berputar,Rasulullah SAW bertasbih kepada Allah SWT dalam berbagai bahasa,sehingga habislah bulir-bulir gandum itu tergiling.”Berhentilah berputar atas izin Allah SWT,” maka penggilingan itupun berhenti berputar.Lalu dengan izin Allah,penggilingan itu berkata-kata dalam bahasa manusia.

“Ya Rasulullah SAW..,demi Allah yang telah menjadikan Tuan kebenaran sebagai Nabi dan Rasul-Nya.Kalaulah Tuan menyuruh hamba menggiling gandum dari timur hingga barat pun niscaya hamba akan gilingkan semuanya.Sesungguhnya hamba telah mendengar dalam kitab Allah SWT,‘Hai orang-orang yang beriman,peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya (dari) manusia dan batu.Penjaganya para malaikat yang kasar lagi keras,yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang dititahkan-Nya dan mereka mengerjakan apa yang dititahkan’.Maka hamba takut ya Rasulullah…kelak hamba menjadi batu dalam neraka.”

Dan bersabdalah Rasulullah SAW,”Bergembiralah,karena engkau adalah salah satu dari batu mahligai Fatimah az-Zahra didalam surga”.Maka bergembiralah penggilingan batu itu,kemudian diamlah ia.Lalu Rasulullah SAW bersabda kepada Fatimah,”Jika Allah SWT menghendaki,niscaya penggilingan itu berputar dengan sendirinya untukmu.Tapi Allah menghendaki dituliskan-Nya untukmu beberapa kebaikan dan dihapuskan oleh-Nya beberapa kesalahanmu,dan diangkat-Nya beberapa derajat untukmu.Wanita yang menggiling tepung untuk suami dan anak-anaknya,Allah SWT menuliskan setiap biji gandum yang digilingnya suatu kebaikan dan mengangkatnya satu derajat”.

Lalu Rasulullah meneruskan nasihatnya,“Wahai Fatimah,wanita yang berkeringat ketika menggiling gandum untuk suaminya..,Allah menjadikan antara dirinya dan neraka tujuh parit.Wanita yang meminyaki dan menyisir rambut anak-anaknya serta mencuci pakaian mereka..,Allah mencatat pahala seperti orang yang memberi makan seribu orang lapar dan memberi pakaian seribu orang telanjang.Sedangkan wanita yang menghalangi hajat tetangga-tetangganya..,Allah akan menghalanginya dari meminum air telaga Kautsar dihari kiamat”.

Rasulullah SAW masih meneruskan,“Wahai Fatimah,yang lebih utama dari semua itu adalah keridaan suami terhadap istrinya.Jika suamimu tidak rida,aku tidaklah mendoakan kamu.Tidaklah engkau ketahui,rida suami adalah rida Allah SWT,dan kemarahan suami adalah kemarahan Allah SWT?”.

“Apabila seorang wanita mengandung janin,beristighfarlah para malaikat,dan Allah mencatat tiap hari seribu kebaikan dan menghapus seribu kejahatan.Apabila ia mulai sakit hendak melahirkan..,Allah mencatat pahala seperti orang-orang yg berjihad.Apabila ia melahirkan,keluarlah ia dari dosa-dosanya seperti keadaan saat ibunya melahirkannya.Apabila ia meninggal,tiadalah ia meninggalkan dunia ini dalam keadaan berdosa sedikitpun.Kelak akan didapati kuburnya sebagai taman dari taman-taman surga,dan Allah mengaruniakan pahala seribu haji dan seribu umroh.Dan beristighfarlah seribu malaikat sampai hari kiamat “.

“Wahai Fatimah,wanita yg melayani suaminya dalam sehari semalam dengan baik hati dan ikhlas serta niat yang benar..,Allah SWT menghapuskan dosa-dosanya.Dan Allah SWT akan mengenakannya seperangkat pakaian hijau,dan dicatatkan untuknya dari setiap helai bulu dan rambut ditubuhnya seribu kebaikan.Wanita yang tersenyum dihadapan suaminya,Allah SWT akan memandangnya dengan pandangan rahmat”.

“Wahai Fatimah,wanita yang menghamparkan alas untuk berbaring,atau menata rumah untuk suaminya dengan baik hati..,berserulah para malaikat untuknya,”Teruskanlah amalmu,maka Allah SWT telah mengampunimu dari dosa yang lalu dan yang akan datang.”

“Wahai Fatimah,wanita yang mengoleskan minyak pada rambut dan jenggot suaminya,serta rela memotong kumis dan menggunting kuku suaminya,Allah SWT memberinya minuman dari sungai-sungai surga.Allah SWT meringankan sakaratul mautnya,dan kuburnya akan menjadi taman-taman disurga.Allah SWT akan menyelamatkan dari api neraka,selamat dari titian sirathalmustakim”.

About these ads

28 Tanggapan

  1. artikel yg bagus bgt, reflektif. aga merinding bacanya. makasih sudah mau sharing kebaikan ini. semoga kesehatan selalu diberkahkan utk mas gusti dan keluarga. amin.. ^_^

  2. ah… para wanita harus baca artikel ini… tak undang ah :)

  3. Jadi keingat ucapan al-habib Munzir al-musawwa……..Rasulullah tidak memberi izin kepada Fatimah untuk memelihara pembantu, sebagai nasehat bagi wanita agar anak2 mereka makan dari makanan yang dimasak oleh ibunya…….

    maaf gak nyambung

  4. @ Cantigi : Amin!.Makasih…:-)

    @ Sanggar Penulisan : Seneng rasanya jika ada tulisan yang bermanfaat bagi orang lain:-)

    @ Ikhsan : Gk pp..buat nambah nasehat:-)

  5. alow salam kenal
    wah akhirnya bisa menjejakkan kaki di sini
    sekedar mampir nih untuk meninggalkan jejak
    smoga bisa lebih sering bertamu ke blog yang keren ini
    kalau jalan-jalan jangan lupa mampir ke rumah saya
    saya tunggu lho di:

    http://ayawjeweltz.wordpress.com/

    cauww

  6. Subhanallah, kayanya article ini harus diprint untuk dikasih ke istri nanti (hehehe… kalo udah kesampaian nikah pastinya… :lol: ) atau paling nggak sekarang bermanfaat untuk umi dan kakak-kakak perempuan saya… Amin.

  7. very usefull gak hanya untuk cewek kayaknya cowok juga musti tau. :)

  8. Allahu Akbar, benar-benar wanita idaman. Andaikan …………….

  9. @ Ayaw : InsyaAllah..:-).Eh..perasaan dulu blognya di blogspot ya??.Selamat datang di WP:-)

    @ Mas Abdul : Tak doakan moga cepet ketemu jodohnya,Amin!.

    @ Septarius : Iya..,ini nasehat untuk semua.

    @ Bocah Kureng : Fatimah az-Zahra khan penghulu bidadari di Surga.Kayaknya didunia ini udah jarang atau mungkin gak ada yg seperti beliau.

  10. istemewanya wanita…….Islam memuliakannya

    btw, salam kenal mas :)

    Gusti Dana : Salam Kenal juga :-)

  11. Ya ya, mencerahkan. Rasulullah tauladan sempurna. Pesan dan nasehat Rasulullah pedoman kehidupan kita. Amin.

  12. terimakasih atas link ya, InsyaAllah sy linkback :)

  13. subhanallah, postingan ini bkn aQ tersentuh, dan semoga memotivasi banyak wanita2… :)

  14. seperetinya sih kalo menemukan wanita seperti yang dikatakan rasul tadi, benar-benar permata dunia ……:-)

  15. subhanallah.
    iya bener.
    emang kalo pingin dapat wanita sekaliber Fatimah Azzahrah,
    maka kita harus seperti Ali bin Abi Thalib kw.
    jika ingin berdampingan dengan wanita sekelas Ibunda Khadijah ra.,
    maka kita harus mendekatkan pribadi kita seperti Rasulullah SAW.
    tul ga?

  16. Subhanallah…..

  17. he em baru pindahan mas, dari blogspot
    terimakasih udah berkunjung ke blognya Ayaw
    kalau jalan-jalan jangan lupa mampir lagi yah ^^

    sekalian minta ijin drop nih boleh kan :)

    Gusti Dana : Siapa saja boleh aja koq…asal ditrack back ya?:-)

  18. mulyanya wanita
    dengan tugas-tugas
    dan pengabdiannya

  19. Dimana yah dapat wanita seperti itu ? di kiri kanan saya lakuannya malah bertentangan dengan yang diceritakan, dimana salahnya mereka….

  20. Alhamdulillah… jadi semangat nihhh…
    Wah makasih inponya…..sangat mencerahkan….

  21. @ Muhammad Sugiono : Benar mas..:-)

    @ Pucuk : Dikiri – kanan mana Mas..??:-o,maksud sampeyan siapa?:-o

    @ Ilyas Asia : Benar..;-)

    @ Isfiya : Bener Mbak…Wanita mempunyai kedudukan yang mulia jika semua yang diajarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits dilaksanakan:-)

  22. Maksudku wanita tetangga-tetanggaku loh mas !
    lam kenal mas gusti

    Gusti Dana : Salam Kenal juga Mas..:-o.Maaf..sebaiknya kita jangan su’udzon sama tetangga kita,walaupun dia tidak baik.:-)

  23. [...] Dari cerita berikut,terdapat pesan dan nasihat Nabi Muhammad SAW kepada kaum wanita.baca artikel ini selengkapnya:-) [...]

  24. tapi tentu rasullulah juga berpesan sejenis pada kaum pria. paling ga melalui sosok beliau yang subhanallah ga ada tandingannya, nyaris sempurna sebagai manusia. karena ga adil kalau hanya wanita yang harus begitu begini, kan?

  25. Nasihat yang bijak dan bahan renungan yang mencerahkan bagi para wanita…tidak hanya bagi muslimah.
    Saya juga jadi lihat diri saya….:) kayanya masih perlu intrsopeksi deh.

    Hanya saja, hadits dan nash seperti ini jangan disalahgunakan para suami dan laki-laki untuk melegalkan kekerasan dalam rumah tangga ya. Saya justru memaknai riwayat di atas sebagai sebuah bentuk penghargaan Islam terhadap wanita, atas apa yang oleh orang awam dianggap sebagai “pekerjaan kecil” dan “remeh temeh”. Bukan kemudian menggunakan riwayat tersebut sebagai alat menindas perempuan, tetapi justru memaknai sebuah pengorbanan-pengorbanan kecil yang bisa jadi selama ini dianggap sebagai hal yang biasa oleh kaum laki-laki.

    Blog yang inspiratif bro Gusti…
    Terima kasih telah membagi pelajaran pada saya hari ini

    Gusti Dana : Trima kasih Mbak Yeni..:-),blog anda langsung saya blogroll ya??;-)

  26. subhanallah, sungguh besar sekali pahala yang disediakan Allah untuk hal-hal sederhana yang dilakukan para ibu.
    hal ini tentunya akan memotivasi kita untuk terus berbuat lebih baik dan lebih baik lagi.
    nasehat yang sangat bermanfaat.
    ilmu pengetahuan itu memang perlu dicari supaya kita berbuat sesuatu karena ada ilmunya.
    terimakasih atas pelajarannya, mas Dana.
    salam ainy.

  27. Riwayat hadistnya shahih gak ya, boleh tahu sumbernya dan perawi hadistnya? ditunggu ya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: