Amrozi cs….Mujahid Atau Teroris

Amrozy cs...Mujahid Atau Teroris

Amrozy cs…Mujahid Atau Teroris,
originally uploaded by Gusti Dana.

Amrozi,Imam Samudra dan Ali Ghufron yang lebih dikenal dengan sebutan “Amrozi cs” adalah para terpidana mati dalam kasus bom Bali 1.
Tepat hari minggu dini hari tanggal 10 November 2008 akhirnya Amrozi cs dieksekusi juga dengan hukuman ditembak mati yang eksekusinya dilakukan oleh regu penembak dari kepolisian.Setelah 6 tahunan mendapat vonis mati dari pengadilan dan menjalani hukuman ditempat yang terisolir di Nusa Kambangan,akhirnya eksekusi tersebut dilaksanakan juga.

Banyak pro dan kontra terkait sebelum dan sesudah pelaksanaan eksekusi mati tersebut,dan hingga kini sosok alm.Amrozi cs masih menyisakan sebuah tanda tanya besar bagi umat muslim khususnya setelah proses pemakamannya berakhir,yaitu Amrozi cs…Mujahid ataukah Teroris,terkait dengan keanehan-keanehan yang terjadi sebelum dan ketika jenasah ketiganya dimakamkan.

Apakah Amrozi cs adalah teroris??.

Teroris sendiri dalam artian sesungguhnya yaitu (orang) yang melakukan/menyebarkan teror,ancaman,ketakutan,huru-hara dan/serta membahayakan keselamatan orang banyakg
Mengenai terorisme sendiri diatur dalam perundangan (perpu) nomer 1 dan 2 tahun 2002 tentang hukuman tindak pidana bagi pelaku terorisme,dengan ancaman hukuman minimal 15 tahun penjara dan maksimal hukuman mati.
Jika kita melihat dari konteks ini,peristiwa bom Bali yang tercatat menewaskan 202 jiwa itu memang adalah kegiatan terorisme.Terlebih lagi dampak langsung yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut membuat Indonesia dikenal sebagai negara sarang teroris dimata dunia,dan yang paling disudutkan hal ini adalah Islam karena alasan yang dipakai oleh Amrozi cs adalah jihad.

*Jihad sendiri dalam kitab Fiqih artinya peperangan terhadap kafir yang dipandang musuh,untuk membela agama Allah (Islam).Sedang mujahid sendiri adalah orang yang berjihad untuk membela Islam.

Apakah (alm)Amrozi cs adalah mujahidin karena merasa berjihad melawan orang kafir??.
Dalam Kitab Fiqih disebutkan, Islam mengizinkan berperang dengan menentukan sebab-sebab dan maksud yg dituju dari peperangan itu,yaitu untuk menolak kezaliman,menghormati tempat ibadah,menjamin kemerdekaan bertanah air,menghilangkan fitnah dan menjamin kebebasan setiap orang memeluk dan menjalankan agama
Firman Allah Swt dalam Surah Al-Hajj: 39-41 : “Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi,karena sesungguhnya mereka telah dianiaya.Dan sesungguhnya Allah benar-benar Mahakuasa menolong mereka itu,Yaitu orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar,kecuali mereka berkata..,Tuhan kami hanyalah Allah.Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain,tentulah dirobohkan biara-biara Nasrani dan masjid-masjid,yg didalamnya banyak disebut nama Allah.Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya.Sesungguhnya Allah MahaKuat lagi MahaPerkasa.(Yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka dimuka bumi,niscaya mereka mendirikan salat,menunaikan zakat,menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar;dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.”

Serta dalam Surah Al-Baqarah: 193 yaitu “Dan perangilah mereka itu,sehingga tidak ada fitnah lagi,dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah.Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu),maka tidak ada permusuhan (lagi) kecuali terhadap orang-orang yang zalim”

Didalam ayat-ayat tersebut jelaslah maksud peperangan itu adalah untuk menangkis serangan,menghentikan kezaliman dan penganiayaan.Oleh karena itu,jika penyerang sudah menghentikan serangan dan kezalimannya,maka habislah kewajiban memerangi mereka itu menurut hukum agama Islam.Berarti peperangan itu tidak boleh memulai atau diteruskan lagi,kecuali terhadap mereka yg menganiaya atau yg zalim,yg masih melakukan penganiayaan dan kezaliman,yg masih suka menghasut-hasut,memfitnah,mengacau dan memaksa-maksa orang meninggalkan agama atau merintangi orang beramal.

Berikut ini sebagian kejadian-kejadian aneh yang dianggap oleh orang bahwa Amrozi cs mati syahid,saya simpulkan setelah melakukan blogwalking diberbagai media.
– 1 jam sebelum jenasah Amrozi cs tiba dikediaman,tiba-tiba muncul 3 burung belibis berwarna hitam berputar-putar diatas rumah Amrozi cs.
– Jenasah Amrozi cs ketika dibuka berbau harum/wangi
– Jenasah Amrozi cs terlihat tenang dan berseri seperti orang yang sedang tidur dan kepalanya menoleh kekanan
– Pada saat akan dikuburkan,tiba-tiba terdengar suara kilat/petir dilangit
– Para pelayat yang terus-terusan melayat dan sholat ghaib yang dilaksanakan hingga 2 kali karena banyaknya orang yang datang.

Dari semua hal tersebut,kita tidak dapat menyimpulkan apakah “Amrozi cs adalah Mujahid ataukah Teroris”.

Allahu Wallam…,hanya Allah yang tahu.

Bagaimana dengan pendapat anda…???

29 Tanggapan

  1. barat dan timur, atas dan bawah, baik dan buruk, hanyalah buatan manusia, untuk memudahkan.

    cerdik dan culas, pahlawan dan penghianat, hanyalah sebutan dari sisi yang berbeda.

    kita boleh punya rencana, punya pendapat, punya mau.
    tapi jangan lupa, Dia juga punya Mau.

    alangkah nikmatnya saat kita berpikir, bahwa Mau-Nya selalu jaaauh lebih indah dari mau kita.

    wassalaamu ‘alakum wa rahmatullah.

  2. Dalam Keyaninan/Faham Mereka Yang Sama Dengan Almarhum “Amrozi CS” adalah Pahlawan dan Ditambah Lagi Proses Hukum Yang Sangat Lama sampai 6 Tahun dan Hampir-hampir orang Lupa Bahwa Amrozi CS telah Membunuh 200 orang lebih. Saya Pribadi Masih Tidak Yakin Kok Mereka Dapat Membuat Bahan Peledak Yang Cukup Dasyat Dinegeri Kita Ini !

  3. Bagi pengikutnya mungkin mereka pahlawan, bagi penentangnya mereka adalah penjahat. Terlepas dari apakah mereka penjahat atau pahlawan, saya lebih interest untuk tidak bicara.

  4. Artikel yang sangat menarik.
    saya mengajak anda semua untuk berpikir positif….(Husnuzon)
    Kunjungi http://www.hibahbca.co.cc
    baca dan analisa dengan seksama, jangan ambil keputusan sebelum memahaminya dengan baik, dan jangan memberikan komentar sebelum Anda benar benar paham. Semoga program ini dapat dijadikan salah satu alternatif membangun kekuatan ekonomi umat.
    Think Positive !!!!

  5. katanya kita ini orang islam.. sudah baca alqur-an dan hadis.. dan meyakini perkataan didalam Nya.. sudah tau mana yang haq dan mana yang bathil, halal dan haram.. kalo bingung buka alqur-an dan hadis jangan buka koran dunk.. yang jelas mereka mati untuk menegakkan agama ALLAH dan yang dihancurkan adalah sarang orang yang maksiat (penentang agama).. mereka sudah berani mencegah maksiat dengan tanga mereka.. bagaimana dengan kita..

    kita cuma bisa melihat, ada yang ikut-ikutan maksiat bahkan ada yang membenarkan maksiat dan mengambil keuntungan dari perbuatan maksiat yang dilakukan oleh orang yang bermaksiat dengan dalih mencari rezeki (Na’uzubillah) .. marilah berkaca pada diri sendiri.. sudahkah kita menjalankan perintah Allah dan Rosulnya.. sudahkah kita mendalami ayat-ayat Nya.. sudahkah kita menjalankan sunahnya.. (KATANYA KITA ORANG ISLAM)

  6. orang yang bikin teror ya teroris
    mujahid atau bukan, Allah yang menentukan.
    salam

  7. Saya tertarik dengan komentar saudara Endi, sayangnya gak link to backnya.

    Menarik sekali dan terkesan tidak bermutu. Dia lupa akan makna Islam yang Rohmatan Lil ‘Alamin, dan yang namanya alam itu semua yang ada di Dalamnya termasuk yang bukan muslimpun termasuk. Lha Mereka yang terbunuh kan gak tau apa2, masalah mereka mau maksiat dan lain-lain kan kita harus mempingatkannya dengan tangan(kekuasaan), ucapan dan terakhir hati. Gak ada kan dengan “Bom”, mungkin ada yang berdalih kan itu dengan tangan?

    Kalau ada yang bilang gitu aku mending tepok Jidat ajalah*Sok Tau Mode On

  8. Ini dia nih kalau terlalu banyak doktrin yg menganggap diri suci dan benar tanpa melihat ajaran lain, Ingat kalian semua agama ibu (Muslim karena ortu Muslim). Coba baca kitab-2 diluar Muslim.

    Yang Pasti perbuatan yg mencelakai manusia itu perbuatan iblis. Kalau dihubung-hubungkan dengan kejadian aneh diatas,

    – 1 jam sebelum jenasah Amrozi cs tiba dikediaman,tiba-tiba muncul 3 burung belibis berwarna hitam berputar-putar diatas rumah Amrozi cs.
    Koq belibis hitam?????? kenapa bukan putih?? bukankah hitam simbol identik dengan iblis? kkkkkkkkkkkkkkkkk

    – Jenasah Amrozi cs ketika dibuka berbau harum/wangi – ya iyalah orang habis dimandiin dan dikasih parfum, kkkkkkkkkkk

    yang lain tafsirin aja sendiri deh.

    Saudara endi aneh deh, yg harus dilakukan itu cinta DAMAI (peace man), berbuat baik dan menolong sesama.

    wassalaamu ‘alakum wa rahmatullah.

  9. Kepada pembaca & pemberi komentar,saya harapkan kita lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi sebuah tulisan,apabila kita yang sesama muslim,jangan sampai kita terpecah belah.Karena kejadian ini bisa dimanfaatkan dengan orang-orang yang ingin mengambil keuntungan dari kejadian ini,dengan mengadu domba kita yang sesama muslim dengan memberi komentar yang tidak sesuai dan pantas.

    @ ElKahfi + Zuraid_sman + Septarius + M. Surya Ikhsanudin : Saya setuju dengan pendapat anda semua:-)

    @ Pakde + Septarius : No comment ya..:-o

    @ Damai : Damai juga yach..;-).

    @ Endi : Artikel ini saya tulis berdasarkan Kitab Fiqih yaitu Kitab Hukum dalam islam,yang semuanya “Berasal dari AL-QURAN dan AL-HADITS” beserta penjelasannya yang tercantum tanpa saya kurangi atau saya lebih-lebihkan.

    Wassalamuallaikum Wr.Wb:-)

  10. Usai ketiganya di eksekusi, Perdana Menteri Australia berkata: “sekarang saatnya memikirkan keluarga korban.” (Running text di televisi). Itu menunjukkan Australia menuntut ganti rugi. Australia tampaknya hendak meniru pemerintah Amerika dalam kasus peledakan pesawat Amerika di Lockerbie yang di duga dilakukan warga Libya. Ganti rugi pun dilakukan pemerintah Libya, meski dicicil. Lalu siapkah pemerintah kita menyediakan dana ganti rugi, andaikan Australia benar-benar jadi menuntutnya?

  11. Assalamu’alaikum………saya terima kasih atas kunjungannya ke blog saya dan untuk seorang mu’alaf seperti anda kelimuan anda justru lebih tinggi dibandingkan saya yang sejak lahir mengenal islam

    Subhanallah………..untuk buku menabah koleksi bacaan anda silahkan klik http://majelisrasulullah.org/kenalilah-akidahmu.pdf/

  12. Wa’allaikumsallam Wr.Wb..

    Terima kasih atas respon’nya.Justru saya ini masih “0” (kosong) dan kurang pengetahuan,jadi menulis artikel inipun sangat hati-hati.
    Saya rasa saudara seperti padi,yang tangkainya semakin menunduk jika semakin banyak bijinya.:-)
    InsyaAllah..saya akan menulis artikel2 bernafaskan Islam,agar dapat diambil hikmahnya.:-)
    Terima kasih saudara Ikhsan..akan saya kunjungi link yg saudara beri;-)

    Wassallam..

  13. Saya bukanlah orang yang mengerti mengapa mereka sampai membuat teror seperti itu, saya sudah berkali mencoba membaca Al-Quran dan disitu dituliskan bahwa Allah menyuruh kita Berjihad di jalannya…

    Maka saya juga memilih berjihad, meski jihad saya mungkin tidak besar…

    Tapi saya tidak mengerti kenapa harus seperti itu cara mereka berjihad?? Saya kurang menyukai kekerasan, mengapa kita tidk membuktikan bahwa Islam adalah agama yang Damai?
    Klo seperti ini kan yang dibawa2 ya nama Islam, yang jelek ya nama Islam… Kesannya seolah2 kita pencinta kekerasan…

    Maaf jika kata2 saya banyak yang salah, saya akui ilmu saya sangatlah dangkal…

  14. Mujahid ato musangit…………..
    yg terakhir kaleee…………..

  15. Faktanya, korban terorisme itu menderita…
    Faktanya, korban terorisme itu banyak dari orang biasa…

  16. Ass. wr. wb.
    Menurut saya mereka benar jika dipandang dari sudut jihad, karena pulau bali menurut saya sudah sangat bebas, dimana orang berpakaian sangat bebas, pergaulan bebas bahkan dipantai-pantai bali para bule banyak yang tidak menggunakan busana alias telanjang, padahal negara indonesia merupakan negara yang menggunakan budaya timur. Sopan, rapi dan tidak pornografi. Saat ini agama Islam selalu dijadikan kambing hitam atas semua kejadian terorisme, pembantaian dan pembunuhan. Coba kita tengok kasus Amerika yang menyerang Afghanistan, Irak, dan dalang perang saudara di Afrika, Bagaimana rakyat bosnia di bantai, kaum wanitanya diperkosa. Tapi adakah itu menjadi perhatian dunia. Negara-negara yang menjunjung tinggi demokrasi, HAM dsb adakah mereka bersuara. Apabila kaum muslim yang terjajah mereka seperti tutup mulut, telinga dan mata. Tapi apabila ada kaum muslim yang melakukan suatu tindakan maka itu dianggap teroris dan sangat dibesar-besarkan. Seolah-olah semua umat muslim adalah penjahat teroris dan menyukai kekerasan. Padahal itu semua muncul sebagai ungkapan protes, perlawanan atas ketidakadilan hak yang dirasakan kaum muslim.
    Dalam kasus Amrozi CS, memang benar banyak kaum muslim yang juga menjadi korban, tetapi mengapa mereka ada disana padahal di sana adalah tempat yang banyak maksiatnya ?.
    Dari sisi kemanusiaan memang hal itu sangat tidak patut dilakukan karena banyak orang yang menjadi korban.
    Namun apabila tidak ada yang melakukan tindakan dan teguran maka itu akan berkembang menjadi suatu kebudayaan yang dianggap benar padahal itu sudah menyimpang dari segi etika kehidupan manusia.
    Tidak menutup kemungkinan nantinya budaya telanjang adalah budaya yang dianggap benar dan orang yang tidak telanjang dianggap tidak waras. Apakah kita ingin kembali ke jaman pra sejarah ?
    Islam itu damai, ramah, sopan dan menghormati hak-hak orang lain, tetapi Islam akan keras apabila norma-norma sudah dilanggar, saudaranya diganggu, Allah tidak dianggap, rasulnya dihina …
    Demikian menurut saya, tidak ada maksud untuk memperkeruh suasana sebagai ungkapan dari hati kecil saja, tidak ada niat untuk memecah belah bangsa ini.
    Semua agama mengajarkan kasih sayang, jadi jangan saling menuduh dan menyalahkan antara satu dengan yang lainnya.
    Mohon maaf jika tulisan ini tidak berkenan.
    Wss. wr. wb.

  17. @ Grubik : trima kasih udah sempat mampir

    @ iroelnc : Bukankah justru kita umat Islam akan semakin tersudut karena kejadian ini?.Pendapat saudara ada benarnya…tapi jihad itu banyak macamnya,dan yang terakhir justru yg dipilih Amrozy.Padahal dalam Ayat yg saya tuliskan diatas,saudara bisa membaca diatas.Tetapi Allahu Wallam…hanya Allah yang Maha Tahu,sedang kita hanya memiliki ilmu yang sangat sedikit atas rahmat Allah.Semoga kita umat muslim tidak terpecah karena perbedaan ini.

  18. menurut saya mujahid…. banyak pertanda2 alam mengatakan itu., adanya 3 ekor burung…wajah yang tenang seperti tidak merasakan sakaratul maut, …itu sudah menunjukkan apakah mereka mujahid atau bukan…masih ingat kontroversi eksekusi TIBO cs…dimana polisi dianggap salah prosedur…? dimana banyak terdapat luka tembak, rusuk patah, sampai menganggap polisi salah prosedur, dll
    yang mana menunjukkan sakitnya sakaratul maut….tidak seperti amrozy cs yang cukup dengan satu peluru…dan wafat dengan tenang..
    (bentar lagi gue dikira SARA nich..)

  19. Asw akh dana, salam ukhuwah!
    Akh muallaf toh? Subhanallah!
    Saya slalu kagum pd muallaf, krn ‘brpikir’ spt fitrahnya manusia
    blh sharing knp akhirnya milih Islam?
    @iroelnc : apa salahnya seorang muslim ada di tempat maksiat?
    Hasan Al-Banna pun mencontohkan terjun langsung ke kedai2 kopi yg di jaman itu merupakan tempat maksiat
    (tp utk dakwah, bukan utk ngebom cuy!)

  20. Wa’alaikumsalam Wr.Wb..

    Betul..saya jadi Muallaf belum ada 2 tahun koq:-).Sebenernya pengen posting mengenai ini,tapi saya pikir mending gak usah aja.Takut gak ada yang baca:-).

    Lagian kalau ditulis bisa puaannjjaaangg…dan pasti bersambung.:-)

  21. PAYAH BANGET ORANG YANG MASIH NGEBELAIAN AMROZI CS. ITU SAMA AJA MENYETUJUI PEMBUNUHAN 200 ORANG MANUSIA. JANGAN TERLALU YAKIN MEREKA SYAHID, BUKAN WEWENANG MANUSIA UNTUK MENENTUKAN ITU. JANGAN-JANGAN MALAH NERAKA JAHANAM YANG MEREKA TERIMA. KALAU MASALAH SENYUM, MEREKA MEMANG CENGENGESAN TERUS DARI DULU, SEPERTI ORANG YANG NGGAK WARAS …
    DAN JANGAN TERLALU PERCAYA BERITA-BERITA ANEH, KARENA WAKTU ADA TSUNAMI DI ACEH PUN, ITU KATANYA PERCOBAAN NUKLIR AMERIKA.. WALAH… YANG BENAR AJA….
    AYOLAH SIAPA LAGI YANG BISA MENGANGKAT NAMA BAIK UMAT ISLAM KALAU BUKAN KITA SENDIRI.. KALAU PERLU KITA HARUS MENGHUKUM SAUDARA KITA SENDIRI YANG MEMANG MEMPERMALUKAN AGAMA KITA…

  22. […] cukup berimbang dari pertanyaan : Apakah Amrozi cs mujahid atau teroris ? dibahas Mas Gustidana dengan baik, dalam arti jelas rujukannya.  Ada juga yang bercerita gaya sufi, […]

  23. Bagaimana dengan Belanda (Kristen) yang menjajah nenek Moyang Kita sekalian “Glory Gospel God” Terroris atau Kasih ???

  24. […] Sehingga nantinya tulisan yang terbentuk seperti ini : Amrozi cs […]

  25. yg q tw,,tu smua fitnah,,

    lam knl y

  26. Belanda jahat karena menyengsarakan Rakyat Indonesia, tetapi Amrozi CS LEBIH JAHAT lagi karena menyengsarakan bangsanya sendiri dan juga umat Muslim (saudaranya sendiri) di Indonesia…

    Duh Gusti Allah.. Ampuni aku yang telah mempergunjingkan orang yang telah mati.. Soalnya Gemes banget sih… hiiih…

  27. UDAH SEKIAN SAJA KOMENTAR DARI AKU. KARENA MAU KOMENTAR APAPUN PASTI GA BISA DITERIMA OLEH ORANG2 YANG TELAH DIRACUNI PIKIRAN RADIKAL.

    SUSAH… SUSAH… SEDIH BANGET… INDONESIA KOK SEKARANG BANYAK YANG BERPIKIRAN SEPERTI ITU..

    SALAM UNTUK SEMUA…

  28. bagi saya mustahil amrozi cs dpat membuat bom yang dapat membunuh 202 jiwa, apalagi lubang yang di hasilkan ledakan tersebut cukup besar, sampe2 tni saja tidak mampu membuat bom tersebut, jelas ini aneh sekali masa tni kalah ama amrozy cs dalam masalah bom.

    jadi amrozy cs membomnya pake apa .. ? C4, TNT, Mikronuklir ..
    trus dapat nya darimana .. ?

    dan yang paling parah lagi umat islam latah dengan istilah TERORIS padahal julukan tersebut di tujukan kepada pejuang dan aktivis islam,

  29. SEKALI TERORIS YA TETEP TERORIS, PEMBUNUH!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: