Akhir Dibalik Kisah..,Jawaban “Berapa Nomer Teleponnya ALLAH..??”

Pikiranku tetap berusaha untuk mencari jawaban yang dilontarkan Mbah Us,”Berapa nomer teleponnya Allah..??”.

Meski saya mencoba memikirkan hingga pikiranku berkelana kesana kemari.Nomer teleponnya Allah saja saya tidak tahu,apalagi “rumah dan alamatnya”.Belum lagi kata Mbah Us ada 7 tangga untuk naik kesana…membuat saya tambah bingung dan penasaran atas jawaban dari pertanyaan itu.

“Dan…apa kamu tahu??”,tanya beliau lagi

“Gak tahu Mbah…”,jawabku sambil geleng-geleng kepala.

“Trus..bagaimana kita bisa bertemu dengan Allah jika kita tidak tahu bagaimana jalannya menuju kesana…”,ucap beliau lagi

Kali ini saya hanya diam untuk mendengarkan dan mengingat apa yang akan beliau katakan,karena hal ini jarang untuk langsung ‘to the point’,biasanya beliau nge-wejang hakekat hidup lewat ‘sanepan-sanepan’ yang justru orang biasa tidak akan mampu memahami.Seperti juga pertanyaan ini,tapi dibalik itu…saya yakin banyak makna yang dalam sekali artinya.

“Dan…kalau kamu mau telepon Allah…,nomernya 56-24434”,kata beliau dengan tersenyum.

“5 untuk rukun Islam”

“6 untuk rukun Iman”

“Lha..yang 24434 itu Mbah..??”,tanya saya lagi.

“2 rakaat untuk Subuh..”
“4 rakaat untuk Dhuhur dan Ashar..”
“3 rakaat untuk Magrib..”
“4 rakaat untuk Isya..”

“Kalau salah satu angka itu kurang..,doa kita gak akan sampai..”

“Sama seperti telepon..kalau salah satu angkanya kurang,gak akan nyambung khan..??”,ucap beliau lagi sambil tersenyum.

Sekarang saya mulai paham dan mengerti ucapan dari beliau.

“Lha..kalau rumah dan alamatnya..??”,tanya saya penasaran.

“Kamu mau kesana pakai baju apa….”,jawab beliau seakan gak nyambung dengan pertanyaan saya barusan.

“Lho..apa harus pakai baju khusus Mbah..”,tanya saya lagi.

“Ya iya…,wong kita mau ketemu kepala desa..sampai presiden aja harus pakai baju khusus..,apalagi kalau mau ketemu Allah.Kalau gak pakai baju..,mana bisa kita ketemu Allah”,jawab beliau lagi.

Waduh…semakin banyak ‘sanepan’ yang membuat saya semakin bingung.Akhirnya saya memilih beliau untuk meneruskan ceritanya daripada bertanya tapi gak nyambung.Tapi kata orang…malu bertanya sesat dijalan…,akhirnya saya meminta beliau menjelaskan ‘baju’ yang harus dipakai untuk bertemu dengan Allah.

“Kalau mau ketemu Allah..kaos kutangnya (kaos dalam) itu iman dan bajunya itu taqwa..”,ucap beliau menjelaskan.

“Trus kalau sudah pakai baju itu,dengan apa kamu mau kesana…??”,tanya beliau sambil tersenyum.

Waduh…semakin lama koq malah semakin jauh pertanyaan yang ditanyakan,sedang saya lagi-lagi hanya geleng-geleng kepala tanda tidak mampu menjawab maupun memahami arti pertanyaan itu.

“Mobilnya itu namanya Sujud…yang nyupir itu anak yatim..,lha bensinnya itu amal sholeh,puasa,zakat serta dzikir membaca asma dan ayat-ayat Allah..”,ucap beliau menjelaskan,tapi bagi saya malah semakin tidak jelas.

“Apa kamu sudah tahu…rumahnya Allah itu dimana dan nama jalannya apa..??”,tanya beliau sekali lagi.

Terus terang saja..,saya kurang mengerti dengan pertanyaan dan penjelasan dari beliau.Tetapi pertanyaan beliau ini secara tidak langsung membuka mata hati saya.

“Ini alamatnya…dicatet biar gak lupa.Nanti kesasar (tersesat) dijalan.”,kata beliau sambil tertawa kecil,membuat saya untuk menyisakan sedikit memori diingatan agar dapat menyimpan semua ucapan beliau dari awal.

“Alamatnya…jalan Qur’an gang Muhammad nomer 1.”

“Sudah dicatat Dan…??”,tanya beliau lagi.

“Sudah mbah…”,jawab saya dengan cepat.Maksudnya,dicatat dalam ingatan.:-)

“Dari sini kamu jalan kearah barat,terus aja gak usah belak-belok.Kalau lewat jalan lainnya nanti bisa nyasar…”,ucap beliau lagi.

“Lha…tadi katanya ada nama rumahnya mbah…??”,tanya saya gak kelupaan.

“Rumahnya itu Ridhlo..,tempatnya dihati kamu..”,jawab beliau sambil tersenyum.

“Yang terpenting itu ya rumahnya…,kalau kamu gak nyiapkan rumah buat Allah..,ya gak bisa ketemu.”,ucap beliau lagi.

“Orang yang ridhlo dengan Allah,maka Allah juga akan ridhlo dengan dia..karena yang dicari itu bukan surga,tapi ridhlo Allah…”

Itulah ucapan-ucapan dari beliau yang masih membekas dalam ingatan saya.

Semua baru saya pahami beberapa tahun kemudian setelah saya menjadi Muallaf…,1 Muharam 1428 Hijriayah.Meskipun tidak semua dapat saya lakukan,tetapi saya akan terus belajar…belajar…dan belajar,hingga tiba saatnya dipangggil kehadirat Illahi,InsyaAllah…

Semua yang beliau ajarkan kepada saya..akan menjadi ilmu yang tidak ternilai harganya.Dan bukan hanya bagi saya.,,tapi buat anak dan keturunan saya serta seluruh saudara muslim lain yang membaca kisah saya ini.

InsyaAllah…

20 Tanggapan

  1. Saya inget-inget dulu nomor telponnya biar nggak salah, meski sudah sedikit tau tapi bagus juga ada yang mengingatkan. Terima Kasih nggih…….

  2. Wah jadi inget sama guru TPA(taman pendidikan Al-qur’an) saya, karna dari beliau saya tahu pertama kalinya dengan no tlp Syurga tsb…

  3. hhmm mengingatkan kembali saya pada saat ketika masih rajin mengaji

  4. bang……
    blue suka banget tulisannya
    salam hangat selalu

  5. Luar biasa artikelnya

  6. keren postingannya….

  7. alhamdulillah
    posting ini menambah keimanan saya

  8. Wowww its good article..very deeply ..sie bergetar membacanya… makasik banget mas gusti udah mengingatkan

    Keep good writing ^^v

  9. boleh gak koreksi mas??? rukun iman ntu yang bener ada 6, iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada kitab, iman kepada hari akhir dan iman kepada qadha & qadhar ( takdir )……… ati-ati lohh mas kalo angkanya salah pencet ntar telfon-nya jadi salah sambung…….. hehehe…

    Gusti Dana : Makasih atas koreksinya..:-),harap maklum..ngetiknya pake hp,tengah malam lagi..jadi agak ngantuk:-).

  10. hmmm me dun really entertain with Allah analogy ‘ere. In matter of fact, I dont think we can put the Supreme Being as analogous to other..Qur’an does not ascribe human characteristics to Allah SWT. This is one of the major differences between Islam and Christialinity, the Bible ascribes physical features to God but Qur’an mention the attributes of Allah, the Asma’ul Husna.

    ————-
    just my two cents

    Gusti Dana : Greatfully thanks 4 your comment:-).Qur’an is “the dictionary for human being”,not purposed for Moeslim only..but for all kind lifing creature in this earth.Suggest..you haved another perseption for those bible which have the same meaning,those two atribute for Qur’an and Bible are giving by Allah.And each of them was giving to the right prophet on their edge.Liked Bible for Isa al-masih and Qur’an for Muhammad Saw.This story I writed just some past educational story that lived and growth in da’ Indonesian’s culture.That’s was my 1 cents opinion…I’m supposed:-)

  11. perlahan tapi pasti aku
    datang keblog🙂
    semata mata hanya berbagi cerita bagi kaum dunia maya

  12. Bacaan yang menarik…
    Beruntung nya bisa dengerin cerita langsung…
    salam bwat mbah Us ya?? hehe….
    Semoga Allah menerima amal ibadahnya n mengampuni dosa2nya.

  13. insyaaallah

  14. wejangan klasik orang Jawa mas, penuh dengan perumpamaan..
    wah, anda beruntung punya kakek angkat seperti beliau…

  15. mas setelah aku print, dah ku baca tadi di kost, keren menggugah.. menyadarkan… thanks:-)

    Gusti Dana : Sama-sama Mas…seneng akhirnya ada artikel kisah hidup saya yg bermanfaat buat sesama:-)

  16. Salut deh bro, pesennya sederhana maknanya besar banget dan gampang diinget. Semoga cita-cita Mas Gusti menjadi Muslim yang baik di mata Allah tercapai!!!

  17. Wahhh ceritanya bagus😀
    Mari bersama – sama berusaha mendapatkan ridho dari Allah SWT, amin

  18. Tulisannya bagus..salam dari kami di Kalimantan

  19. maaf,klw blh tau dmna letak makam mbah yg anda ceritakan trsebut??
    krna sy sdang mngumpulkan data riwayat hdup raden jaka lelana untk kperluan pembelajaran.
    mohon di balas ke no.hp saya!
    087835331535 atau facebook vive_nanda@yahoo.com
    saya mhon skali,,sy sdh kebingungan hrus kmn lg mncari mkamnya untuk sy berziarah ksana.tolong!!!

Tinggalkan Balasan

