Suka Duka Menjadi Blogger Mobile

Tak terasa sudah hampir 4 bulan ini saya ngeblog total menggunakan hp,banyak suka dan duka menjadi seorang Blogger Mobile.

Pertama kali mengenal yang namanya internet sich lumayan lama..,sekitar akhir 2005.Waktu itu saya kewarnet hanya untuk chatting dan belajar membuat email,selebihnya…mendownload berbagai macam game gratis untuk saya mainkan dikomputer saudara saya.

Sampai suatu ketika..saya kebetulan menemukan blog yang mengajarkan cara untuk membuat blog di Bravenet (saya udah lupa link-nya).

Waktu itu saya masih belum mengenal yang namanya blog atau semacamnya,pokoknya yang saya tahu blog itu adalah situs,he.he.he:-D.Sampai suatu ketika saya iseng-iseng membaca majalah saudara yang berisi tentang hp,dan dari situlah saya kemudian saya mengenal OperaMini dan kemudian mendownload aplikasi browser itu ke hp W800i milik saya (waktu itu).

Sampai suatu ketika saya males untuk pergi kewarnet dan baru teringat bahwa saya mempunyai aplikasi baru di hp saya (biasanya hanya berisi puluhan game) dan setelah dicoba ternyata nyambung ke internet!.

Untungnya,saya selalu membawa kertas tiap pergi kewarnet dan mencatat link yang saya anggap bagus,dan kemudian dirumah saya akses lagi melalui hp.Begitu juga mengenai tutorial itu,akhirnya saya coba membuat blog lewat hp dan kemudian terciptalah blog saya yang pertama.Sayangnya..setelah merantau ke Kalimantan,pertengahan tahun 2008 saya ingin menulis lagi dan sayangnya..saya lupa semua alamat email dan pasword untuk login ke blog pertama saya itu:-o.

Akhirnya dengan terpaksa..saya membuat email baru diGmail dan Yahoo!,serta sebuah blog baru diBravenet yang memiliki konsep yang sama,yaitu Rubrik Cinta 2 yang merupakan kelanjutan blog yang dulu.

Lagi-lagi saya Blogwalking dan menemukan blog baru diBlogspot,yang semuanya berceritakan tentang kehidupan saya ditepi hutan (lihat blogroll Mangrove Forest disamping kiri dashboard),he.he.he!:-D

Karena sangat semangat sampai-sampai saya membeli hp baru SE G502 yang logo-nya “Generation Web” dan saya gunakan sampai sekarang ini.

Permasalahan ngeblog diblogspot mulai saya rasakan ketika saya kesulitan untuk experimen mengutak-atik blog,tapi keunggulannya memasang java scrip menjadi nilai tambah.Akhirnya saya kembali mencari blog baru diGoogle dan menemukan WordPress,yang mana saya merasakan apa yang saya cari,yaitu mudah saya gunakan untuk ngeblog menggunakan hp.

19 September 2008 adalah pertama kali saya membuat blog in dan posting pertama saya adalah Try The New.Dan berlanjut hingga sekarang ini.

Ngeblog dengan hp memang tidak semudah menggunakan komputer.Kita gak bisa menggunakan copy & paste,tapi dengan menggunakan aplikasi tambahan Opera Mini hp menjadi seperti “komputer kecil”,cuma memang kadang terjadi bugs kalau kita jarang membersihkan cache dan history.

Karena keterbatasan ini,tiap saya menemukan artikel yang menarik,saya selalu menggunakan cara manual yaitu menyalin dikertas.

Yang paling menjengkelkan yaitu hilangnya jaringan ketika saya sedang mengetik posting,sehingga semua kata yang telah saya ketik menjadi hilang:'(,akhirnya sayapun mengetik lagi mulai dari awal.

Tinggal ditempat yang jauh dari teknologi memang sulit.Bahkan untuk pergi kekota saya harus naik klötök (perahu kecil) yang lamanya sekitar 2jam-an.Kalau pas beruntung ada yang kekota,ya..saya bisa nitip:-).

Karena “faktor kebetulan” ini,ngeblog menggunakan hp sehingga tercetus ide untuk membuat tutorial ngeblog lewat hp,akhirnya terbentuk juga bloggermobile.co.cc.Sayangnya..karena terlalu banyak mempunyai blog,saya jadi jarang update posting karena fokus pada blog ini.

Bagi saya..keterbatasan ini merupakan suatu kelebihan untuk semakin belajar mencari informasi untuk mengembangkan blog ini menggunakan hp.Saya yakin..semua trial dan error yang pernah saya alami akan berbuah manis:-).Sederhana saja..saya ingin membuat komunitas yang bernama Blogger Mobile Indonesia kepada dunia luar,bahwa Negara kita ini mempunyai Blogger yang kreatif,unik,menarik dan lain daripada yang lain.

Viva Blogger Indonesia…Viva Blogger Mobile Indonesia…mari kita memberikan karya kita yang terbaik bagi Bangsa dan Negara!!

26 Tanggapan

  1. selamat pagi bang
    wah udah empat bulan ngeblog,,,hmm semangat ya,bang.
    salam hangat selalu

    Gusti Dana : Salam hangat selalu sahabat:-)

  2. Wah blogger mobile? Sulit bos menurut saya.. Banyak keterbatasan jika kita harus blogging pake HP… That’s my opinion🙂

  3. Tetap semangat nge blognya ya😉
    dimanapun pakai apapun ngeblognya pake wordpress😀

  4. Pengalaman yang sama dengan saya, dukung Blogger Mobile Indonesia.

  5. moga banyak sukanya ya… bisa mengambil hikmah dari setiap jengkah postingan…. salam dari newbie…🙂

  6. kadang saya setuju dengan pepatah yang mengatakan : “Small is beautiful..”

    Go mobile – may it be small.. still is beautiful.. play with your words..

  7. my mobile can’t do it……
    T_T

  8. rasakan bedanya disaat aku cuman mampir 10 menit dan membaca postinganmu, tapi semua itu untuk menamba kebersamaan sesama blogger kawan🙂

  9. ngeblog pake mobil… apa ga bahaya tuh nanti kecelakaan. hehe.. enggak dink.. susah deh ngeblog pake hape.. dah pernah ngerasain

  10. @ Slikers : Jika ada kemauan..pasti ada jalan Bos:-)

    @ Ria : Trimakasih mbk..:-)

    @ Nahrawisagita : Kita sealiran sobat:-)

    @ Itmam Aulia : Trimakasih..:-),link anda sudah saya pasang koq;-)

    @ Luigi Pralangga : Thank’s for visiting my ordinary blog:-)

    @ Tukyman : Monggo mas..:-),benar kata anda .

    @ Anderwedz : Why not..??.Gak sulit koq mas..coba belajar sama-sama diblog yang saya buat.Semoga dapat membantu..:-)

    @ Malapu : Karena sikon aja koq Mas..ditugaskan kerja ditepi hutan:-)

  11. tetep semangat…
    casual cutie msh ngenet di warnet. he he he..
    tukeran link donk…

  12. Saya justru melakukan sebagian besar kegiatan blogging melalui hape.😛
    Menurut saya, menjadi mobile blogger ada keuntungan tersendiri, yaitu dari segi kepraktisan. Bisa memposting tulisan, membuat draft, memberikan komen, dan kegiatan-kegiatan lainnya kapanpun dan di manapun.😉

  13. Jangan pernah menyerah dan malas untuk ngeblog

  14. link udah casual cutie pasang. thank’s ya..

  15. ayo dong semangat
    OK
    salam hangat selalu

  16. tidak ada bedanya blogger yg hanya menggunakan hp atau menggunakan pc, kita semua sama2 blogger, yg penting selalu mengusahakan yg terbaik utk pengunjung

  17. Waduhh…mo ngeblog pake hp loadingna lama bgt! lom lagi sebel kalo harus keputus jaringannya..Whooaaaa. Butuh kesbaran dan ketelatenan ekstra
    Lam kenal

  18. CONRANGTUlation

    just do it!

  19. Gimana jika geblog di rumah aja?

  20. selain mslh ongkos, kadang doctype dan bbrp karakter (tanda baca) perlu penyesuaian, spt di blog saya (maaf blm sempat ngedit/menghindari karakter2 tsb)
    kl ngga ngaktivin gambar atau javascript, kadang ada info yg terlewat (mis. tombol submit)
    terasa kl masi banyak situs Indonesia yg blm standar web & mendukung format mobile/small screen

    gemana kl ngetiknya di memo dl ato sms trus draft, pake format teks biasa (txt), trus disalin tempel ke editor wp pas posting, ato pake blog editor mobile-offline (apa aja ya opsinya; terutama HP yg ber-operating system)🙂

  21. Dari pertama ngeblog, posting ma blogwalking aku pake hp, sampe saat ini, mang ada sukadukanya, tapi dibikin enjoy aja.. Aku dukung bwt komunitasnya😀

  22. @ Casual Cutie : Makasih Mbak..:-)

    @ Blue : Thank’s sobat..:-)

    @ Ryan : Benar..yang paling utama adalah memberikan yg terbaik bagi pengunjung

    @ Cinderella : Salam kenal balik..:-)

    @ Pak Ilyas : Trimakasih..selalu mensuport karya saya:-)

    @ Juliach : Saya tugas ditepi hutan Bu..dapat cuti cuma 4-6 bln sekali:-)

    @ Dani Iswara : Suatu kehormatan telah mampir di gubug saya mas:-).Memang..saya ngeblog dengan mengandalkan Operamini dan browser asli hp G502,Netfront 3.4.Cuma mungkin karena ditepi hutan,jadi fasilitas 3G & HSDPA jadi tidak berfungsi,kecuali jika pulang ke Surabaya atau Kediri.
    Kalau nulis copy & paste lewat sms dulu,hanya terbatas 160×10 karakter saja.Sedang jika lewat Operamini,maksimal huruf yg kita masukkan adalah 5524.Jadi bisa lebih panjang,tapi tidak semua hp yang bisa..,saya pernah nyoba LG cuman 500 huruf saja,jadi postingannya bersambung terus.

    @ Eeta : Trimakasih atas dukungannya..:-)

  23. Hemm..,salam kenal.
    Akhirnya saya menemukan teman yang ngeblog pake hape.
    Kalo komunitasnya udah jadi saya ikutan ya.
    Salam kenal..

    Gusti Dana : Salam kenal juga…:-),langsung menuju TKP…

  24. l’impensable…..🙂
    tak terpikirkan oleh saya…

  25. wah mobilers nih,,,,
    internetan menggunakan hape ada enaknya ada juga gak enaknya,enaknya sih ya kita bisa kapan saja dan dimana saja akse internet selagi jaringan GPRSnya masih bisa didapatkan.kalau gak enaknya ya kalau sedang asyik2nya internetan dihape dan kita sedang dalam perjalanan tiba-tiba batere ngedrop.wah kelabakan nih…hehehe🙂
    salam kenal aja ya….

  26. Suatu pngalaman yg brbda manakala kita konek i-net melalui ponsel.

    Dan biarlah blogger mobile mencari jalannya sendiri tuk brekpresi melalui sbuah blog.

    Tunjukkan bahwa blogger mobile indonesia mampu brkibar.

    Bravo

Tinggalkan Balasan

