HP Terbaik Buat Ngeblog

Sebenarnya saya ingin memposting tulisan ini pada blogger mobile tutorial yang telah saya buat khusus yang membahas ngeblog lewat hp.Tetapi berhubung saya kurang fokus untuk mempromosikannya,jadi saya membahasnya disini.Hal ini tidak lepas juga dari beberapa sahabat yang menanyakan kepada saya mengenai hal ini.Oleh karena itu,kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai ngeblog menggunakan HP berdasarkan pengalaman saya pribadi selama ini.

Ngeblog lewat hp mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.Tentu saja lebih banyak kekurangannya daripada lebihnya,hehehe:-).Tapi secara garis besar kekurangan ngeblog menggunakan hp adalah kita tidak bisa menggunakan fasilitas yang bisa kita gunakan pada komputer,dan tentu saja cukup menguras pulsa,waktu,tenaga dan juga kesabaran.Karena semua kita lakukan secara manual..,begitu juga lama waktu posting tergantung pada panjangnya tulisan yang akan kita posting.Sedikit informasi,rata-rata setiap posting jika kita menghabiskan quota 5524 huruf pada hp,memerlukan waktu sekitar 2-4 jam.Tentu saja..jari tangan kita akan capek dan tombol pada hp akan cepat sekali lecek atau aus.

Tetapi bukan berarti ngeblog melalui hp tidak mempunyai kelebihan.Selain selalu bisa diakses kapan saja dan dimana saja (asal terkoneksi dengan jaringan internet),ngeblog menggunakan hp juga bisa mengirim foto atau posting singkat secara live melalui email diponsel:-)

Bagi sahabat yang tertarik atau mungkin ingin menggunakan hp pada saat-saat tertentu dimana kita tidak membawa atau bisa menggunakan perangkat komputer,maka ngeblog menggunakan hp bisa menjadi jalan alternatif;-).

Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Ngeblog Lewat HP

  • HP atau Ponsel yang support (mendukung) java midp 2.0,OS Symbian,Windows Mobile atau yang lainnya
  • HP atau Ponsel yang memiliki transfer poket data yang aktif;baik melalui GPRS,Edge,3G maupun UMTS/HSDPA.
  • HP atau ponsel yang mensuport JSR-75 untuk mendownload atau mengupload file langsung dari dan ke ponsel.Semacam FTP pada ponsel,hehehe:-)
  • HP atau ponsel yang memiliki slot kartu memory eksternal.
  • Mendownload dan menginstal aplikasi browser dari pihak ketiga untuk menekan biaya pulsa.Seperti Opera Mini,UCWEB,Tea Shark,dll.
  • Jika memungkinkan,memiliki fasilitas foto blogging.
  • Gunakan kartu sim dengan operator seluler yang mempunyai tarif GPRS murah (saya sarankan pakai IM3) yang khusus untuk keperluan akses internet.
  • Mengenai merek dan tipe hp tidak menjadi masalah,asal memenuhi syarat-syarat diatas.Oh ya…bagi yang ingin membeli hp yang baru,disesuaikan dengan anggaran yang cukup:-).

    Saya sendiri sampai sekarang masih setia ngeblog menggunakan HP Sony Ericsson G502.

    Mengenai panduan mobile blogging atau ngeblog lewat HP bisa dibaca di Tutorial Mobile Blogging yang linknya ada di Blogroll sebelah kiri blog ini.:-)

    Nah…ada sahabat yang berminat seperti saya..??:-)

    50 Tanggapan

    1. nanti deh belum kepikiran pakai HP soalnya kan layar nya kecil terbatas
      hehehhe…tapi makasih nih sarannya
      kali aja bisa di gunakan pas lagi mati lampu🙂

    2. blue datang di bulan penuh cinta
      met valentine
      salam hangat selalu

    3. Tips yang oke neh..
      Susah kali ya? Keypadnya kan kecil?

    4. sya pke 6600 dan pke IM3.. heheheheeh… sep infonya nih

    5. tips yoi buat gadget freaks ato blogger addict, cuma memang keterbatasannnya lebih banyak, daripada kenyamanannya. cuman sempat kepikirn juga ngeblog dengan hape, tapi bener kata mas, apa betah jari kita mence tombol segitu lamanya. nah kalo jarinya jempol semua gimana coba wkwkwkwkwkwkwkwkwk… aku suka info spek hapenya, jadi referensi, mo nyai hape neh…xixixixixixixixixixi

    6. @ M. Shodiq : Makasih udah mampir mas..mudah-mudahan bermanfaat:-)

      @ Blue : Met valentine juga sobat..:-)

      @ Humor Bendol : Kalau pengen yang besar bisa pakai keypad tambahan,tetapi saat ini cuma terbatas pada beberapa jenis dan type hp saja:-)

      @ Ardy pratama : Coba dipraktekkan mas…;-)

      @ Senoaji : He.he.he…:-D,benar juga Om..:-)

    7. wah berarti harus ganti hp dulu niii

      Gak perlu ganti hp asal bisa menyambung ke internet koq Mas Joe:-)

    8. Hihihihi…saya juga pake mobile maz, dengan Sonny Ericsson k810i saya, hehehe
      ke warnet kalo mau upload poto aja, hehehe,, bis misal hp, lamane puol…lagian sizena juga gede potona, hehehe
      oia maz, yang saya rasain selama ini menggunakan HP buat blogging adalah kemudahan kita untuk blogwalking dimanapun dan kapanpun. Cocok banget buat killing time. Maslahnya kita bisa blogwalking di manapun. Nggak usah repot-repoy bawa laptop (perlu modem atau Wi Fi) atau komputer. Repot. Jadi HP tuh jadi semacam buku gitu, hihihihi. Menambah wawasan pula, nggak kenal waktu dan tempat, (asal ada jaringan internet aja lokasi yang kita tempati saat itu). ^^

    9. hmmmmm…tar aku coba deh.
      Trims infonya ya mas…hehehe

    10. betul bnget… tp g tw knp blm ngena aj aku klo pk hp.. hehe…kbnykn aQ cm ngecek email doank klo pk hp.. tp kyknya boleh lah dcb…😀

    11. SE G502 termasuk Generation Web, pantes blog Mas Gusti bagus, atau karena orangnya kreatif ya? syarat diatas sudah lengkap/cukup, seperti pengalaman saya juga.
      Terima kasih.🙂

    12. Makasih infonya. Skrg sy msh pake hp nokia 5200. Memang trbtas, gak spt hp lainnya. Tapi lumayan lah, bs beri comment,jg sesekali pernah masukin posting yg singkat. Apalagi sy orgnya suka mobile, bolak balik gunung kidul. Alhamdulillah slama ini bs trbntu dgn HP. Skali lg makasih infonya.

      Gunung Kidul, 19 Shofar 1430, posting lwt hp.

    13. trimakasi infonya.. ika jdi ga bingung lagi deh….
      cuma ampun deh loding post na lama bngt… ika bisa sabar kyk bpk dana ga ya? hiii…

    14. boz………..nilainya berapa? kan q dah jawab kan?
      salam hangat selalu
      sukses selalu ya,bang

    15. makasih mas atas infonya..kayanya ada kesamaan ama saya..’sm2 suka ngeblog pakai ponsel’…thanks ya

    16. makasih mas atas infonya..kayanya ada kesamaan ama saya..’sm2 suka ngeblog lewat ponsel’… thanks ya

    17. kalo Apple iPhone bisa dipake ngeblog ga? trus karena iPhone ga pk Java apa bisa? (iphone pk OSX)

      Udah saya jawab via email mas..:-)

    18. benar mas, mobile blogging akan lebih terasa kebutuhannya bila kita menggunakan PC di rumah. Saat harus berpergian keluar rumah atau bahkan keluar kota, pasti repot kalau harus cari2 tempat dulu hanya untuk blogging (^_^) Tapi sayangnya hp saya blom mendukung nih😛

    19. Sejujurnya hp saya masih katrok….🙂

    20. hp casual cutie hp jadul bang, jd ga bs dipake nge blog. he he he..

    21. bisa kasih contohnya type2 apa aja kang🙂

      Contohnya banyak mbak..dan hp sekarang hampir semuanya sudah memenuhi syarat diatas:-).Saya rasa semua hp yang memiliki browser sendiri untuk akses internet:-).Apakah Sony Ericsson,Nokia,Samsung,Motorola,LG,BenQ Siemens,Philips dan masih banyak lagi

    22. kok ga nge-link ..wah..tes…tes….;)

    23. berapa harganya tuh mas

    24. weheheh,,keren banget yah ngeblog pake hape,,mantep uy,,

    25. wah pak.. dulu waktu saya masih Multiply-er, saya sering pakai HP untuk blogging. tapi begitu masuk ke WordPress, jadi bingung sendiri. agak ribet gimana gitu. jadinya pake pc aja deh..😛

    26. Saat ini saya jg menggunakan hp buat bloging smentara mas… Karena lokasinya tdk memungkinkan utk menggunakan pc…
      Makasih mas atas ttorial dan sarannya.

    27. mau tanya kalo hape p1 (one) gimana caranya?

    28. hp saya bisa surfing, tapi lemotya minta ampun

    29. Mohon maaf…karena saya tidak bisa menjawab pertanyaan 1 per 1.
      Sekaligus saya ingin memberitahu bahwa saya belum bisa mengupdate posting karena keterbatasan pulsa.

      Mohon maaf semuanya…:'(

    30. boz….apakah postingan blue bikin abang tersinggung.jika ya aku sang penulis mohon maaf banget
      salam

    31. bang.ada sahabat yang tak senang dengan apa yang blue perbuat di postingan
      gimana ni bang
      padahalkan ini hanya di blog bukan di dunia nyata kan bang

      oya kata dek ika kita abang adik…………wiuhhhhhhhhhhh senang banget…gr mode on

    32. aduhhh casual cutie lg susah ngenet ne bang, kartu halo gangguan terus….

    33. tips yang bagus sekali,,,

      thx ya inpormasinya,,,

      salam kenal,,,

      diarapin kunjungan baliknya ya!!

    34. heheheh…. aku pake w580i juga oke semua bisa di pake dengan hape ini😀

    35. alow teman-teman blogger…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

      silahkan daftarkan url artikel disini

      keterangan yang lebih lanjut bisa dilihat disini

      akhir pandaftaran artikel 25 Maret ‘09 jam 23.59 wib..

      IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

      by. komporizer tim : septa 🙂

    36. saya juga pengen,
      ntar ah kalo udah punya hape yang rada bagusan dikit.😛

    37. aku tak mau tahu pokoknya abang harus berkunjung ok
      salam persahabatan saja tanpa apapun

    38. bang mampir di kezedot saja ok
      salam….
      sudah du lupakan koq oleh si blue,blue saja yg cengenggggggggg

    39. Salam pak Dana. Ada hadiah buat Zahra ni🙂

      Check this out http://gustidana.com

      Masih di-redirect ke alamat blog ini untuk sementara. Semoga bermanfaat buat awal bisnis online nya🙂

    40. wehehehe hp gw walopun butu

      tapi kalo diajak BW masi nanjak😀

      cuma negor n ade post baru di blog ane

    41. aq gak telaten ngeblog pake hape…… layarnya kekecilan…… jadi gambarnya gak jelas…. makanya aq pake PC ( karna laptopnya masih dalam impian hahaha ) biar leeegggaaaaa……………….

    42. Trims tipsnya, blog aku 100% pakai Hp

    43. Mas saya udah coba ngblog lewat hp tapi pas saya cari blog bikinan saya di google ko ga ada ya!Gimana cara nampilin blog saya di google? Please tolong saya !
      Saya pake hp nokia 6600 bisa upload foto ke blog saya!
      Tolong ya!
      Hubung email saya
      Lhionthinone@gmail.com
      semuanya SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
      ass mua la ikum……

    44. jalan jalan sob n jangan lupa berkunjjng balik ya

    45. Hihi. Lam kenal. Sy nubie bgt. Btw sy pake HP M600i, browser opera mini 4.0 mo upgrade ke 4.2 knp hape sy nolak terus?
      Trus, penting nih, klo pake opera mini itu apa saya bisa posting tulisan baru ke blog? Klo photo? Selama ini sy ke warnet klo mo posting tulisan baru & photo. Di hape cuma buat edit & bales2 komen doang. Mohon pencerahan dr kawan2 semua. Tangkyuh!😉

      Salam gogodoh haneut keneh,
      endangrukmana.wordpress.com

    46. Oh iya, kurang lengkap kasih info merek hapeku, M600i aku Sony Ericsson. SE M600i. Hehe. Thanks.

      endangrukmana.wordpress.com

    47. wah sama mas saya juga pake g502,,,tapi kerna g mudeng dan gak lihai pencet2nya ,,,saya ke warnet mainnna….hehe

    48. cara yang asik ketika kita menunggu sesuatu.. lebih cepet ketimbang ribet buka lepie he he…

    49. salam blogger mobile juga, dan aku masih pemula..

    50. mending mas, hape gua SE K510i, jadul bgd, tanpa slot memory.
      tapi alhamdulillah yg penting bisa buat blog yang bermanfaat.

    Tinggalkan Balasan

